Minggu, 15 Desember 2013

Happy Birthday *15 Desember 2013*



Ayahku orang yang keras,
beliau pernah berkata kasar, tapi beliau juga sering berkelakar.
Mengenai politik kotor bangsa ini, ataupun mengenai beban ibu dalam hal tatar.

Ayahku orang yang sibuk,
di sela kesibukan aku dan ayahku yang cukup menyita kebersamaan kami, karena seringnya ayah tak pulang ke rumah..aku hampir lupa muka ayah,
yang aku tau ayahku tidak payah.
Walau seringkali ketikaku goyah,
hanya ada ibu yang menggerayah.

Ayahku orang yang pendiam.
Beliau tak banyak mengungkap cinta apalagi sayang,
beliau juga tak suka bercerita laksana dalang bermain wayang,
tapi aku tau, di setiap sembahyang
ayah berdoa untuk anaknya dan juga para moyang.

Aku seringkali dibentak oleh ayah,
seringkali mata ini panas, seringpula perasaan ini tak keruan.
Pernah juga ayah hanya mengirimkanku uang, berharap ku senang,
karena ia tak dapat hadir di ulang tahunku saat aku berada di beda kota menempuh pendidikan,dan tak bisa pulang.

hingga masa remajaku. aku tau, ayah ya hanya ayah.
seorang yang membuatku masih bisa menikmati nasi dan ijazah sekolah.

--

Tapi semua akan berubah, ketika kakiku menginjak lembaran baru nanti,
ketika air mata ayah tumpah ruah waktu suasana penuh haru,
saat aku mengenalkan ia sebagai calon pendamping hidupku, aku berseru,
Aku lihat mata ayah penuh cemburu dan haru tak karuan.


--

        


untuk ayah, di 15 Desember 2013 *kemarin ga sempat buat ngepost tulisan ini..jd ini aku post yah :) *
selamat ulang tahun ke 55
Beberapa bulan lagi,selesai sudah tugas ayah, menemaniku sebagai gadis,

untuk ayah,
selamat kembali berduaan dengan ibu nantinya,
terima kasih atas segala petuah.
Maaf untuk nantinya aku harus pergi meninggalkan rumah,
tapi nyatanya, inilah hidup yang anak bungsumu harus jalani.

Sekarang aku punya pengganti ayah,
disini semua baik,
ayah tak perlu khawatir.

Tapi anak perempuan mana yang tak rindu oleh celoteh lucu dan bawel ayahnya?
dan anak perempuan mana yang bisa menggantikan posisi ayahnya?
dan anak perempuan mana yang bisa mengungkapkan sayangnya pada ayah sama besarnya terhadap kekasihnya?

untuk ayah,
selamat ulang tahun. selamat ulang tahun.
anak bungsumu hanya berusaha kuat setiap bertemu ayah,
karena rumah terbaik bagi aku adalah rumah,
dimana aku bisa melihat ayah, berkelakar tentang carut marutnya masyarakat.


selamat ulang tahun ayah,

terima kasih telah percaya, untuk memberikanku padanya,
dia pria baik ayah.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar